Search This Blog

Monday, August 17, 2009

Marhaban ya Ramadhan

Assalamu 'alaikum wr wb

Marhaban ya ramadhan, marhaban ya sahru alkhair, marhaban ya sahru albarakah, marhaban ya sahru 'ibadah, marhaban ya sahrut tarbiyyah, marhaban ya sahru quran, marhaban ya sahru maghfirah, marhaban ya sahru muafasah, marhaban ya sahru jihad.

Sahabat blogger semua...Sudah semakin dekat kita menginjak bulan Ramadhan sesungguhnya bagi orang yang beriman berharap kedatangannya penuh makna dan ditinggalkanya dengan penuh kesan. Dan merugilah orang menyia-nyiakannya, dan berbahagialah orang yang menyambutnya dengan suka cita dengan mempersiapkan dirinya.

Marilah kita sambut bulan ramadhan ini dengan doa:

"Allahumma innahu qad dakhala syahru ramadhanal lahumma rabba syahri ramadhanal ladzi anzalta fihil qur'ana waja'altahu bayyina tinminal huda wal furqan. Allahumma fabarik lana fi syahri ramadhana wa a'inna 'ala shiyamihi wa shalatihi wa taqabbalhu minna"

artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya telah datang bulan ramadhan. Ya Allah Tihan pemilik bulan ramadhan, Engkau turunkan didalamnya Al-Quran, Engkau jadikan Al-Quran penjelasan petunjuk antara yang haq dan yang bathil. Ya Allah berkatilah kami pada bulan ramadhan ini. Bantulah kami untu melakukan shaum dan shalat didalamnya dan terimalah amal ibadah kami"

Ramadhan adalah bulan Syahrut Tarbiyah(bulan penggemblengan pribadi muslim menjadi pribadi muttaqin)
Dan diantara nilai tarbiyah Ramadhan antara lain:

1. Pengendalian Diri.
Dalam bulan Ramadhan ini setiap pribadi yang menjalankan puasa diwajibkan menahan diri dari makan & minum, hubungan suami istri, dan dari segala hal yang membatalkan puasa. Dan ini adalah tarbiyah bagi sha'imin agar mampu mengendalikan diri dari nafsu duniawi yang rendah, yang sering menjadikan manusia serakah, semua dimakan tanpa pandang haram & halal.
Hasil tarbiyah dari pengendalian diri ini lahirlah pribadi yang tegar dan zuhud, tidak tertipu pada gemerlap dunia.

2. Penyucian Diri.
Pada bulan ramadhan para shai'imin diwajibkan menyucikan diri dari penglihatan, perkataan, hati, nafsu seksual yang halal sekalipun, karena akan merusak puasanya. Ini merupakan tarbiyah tingkat tinggi untuk mensucikan pribadi sha'imin menjadi pribadi muttathahhirin, bersih dari segala maksiat, terbebas dari penyakit jiwa, dan tercelup dengan nilai-nilai luhur serta menghiasi diri dengan akhlak islami.
''Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwanya, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya'' (QS. Asy-Syams:9-10)

3. Taqarrub Ilallah.
Dalam bulan ramadhan sangat dianjurkan untuk shalat malam qiyamul lail, diakhir atau dua pertiga terakhir malam sebab taqarrub Ilallah(mendekatkan diri pada Allah) pada waktu itu layaknya berkomunikasi langsung di jalur tol bebas hambatan untuk mengadukan segala permasalahan.

4. Tilawah Al-Quran.
Salah satu syiar ramadhan adalah memperbanyak tilawah Al-Quran, bukan sekedar membaca tetapi membaca dengan menyertakan seluruh potensi fisik, ruhani dan pemikiran untuk memahami dustur(undang-undang) Ilahi dalam Al-Quran.

Mudah-mudahan ramadhan kali ini tidak sia-sia melainkan menjadikan kita layaknya kupu-kupu yang indah setelah satu bulan kita menjadi ulat yang menggelikan dan membungkus diri dalam ibadah.

Kesempurnaan hanya milik Allah semata.

Wassalamu 'alaikum wr wb

Related Post by Categories



Translation code

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Navigasi

My contact


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]


"Award My Family In Diary"

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service