Search This Blog

Saturday, May 30, 2009

Electronic Reader - The Future of Reading

Di zaman gadget ini, hampir semua orang sudah bisa mengakses situs-situs online, menulis & membaca blog, bahkan membaca e-book dengan menggunakan HP / PDA masing-masing. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kecilnya layar HP / PDA cenderung membatasi aktivitas tersebut.

Akhir tahun 2007, Amazon.com meluncurkan Amazon Kindle; yaitu gadget wireless untuk membaca buku/content elektronik dengan layar seukuran buku, namun lebih tipis dan lebih ringan daripada kebanyakan buku, serta sangat user-friendly.

kindle

Dengan koneksi 3G, kamu dapat mendownload buku, koran (subcribe), majalah (subscribe) langsung dari kindle-mu dalam waktu kurang dari 60 detik. Batere dapat bertahan hingga 3 hari dan data storagenya dapat memuat hingga 3500 buku. Dan karena ini semua adalah content elektronik dan tidak ada biaya cetakan, maka sudah pasti harga buku/content tersebut lebih murah daripada buku/koran/majalah biasa.

Amazing bukan? Sebagai seorang kutukutubuku akut, saya sudah kebayang nikmatnya bisa membawa-bawa gadget yang kabarnya hanya setipis & seringan majalah ini kemana-mana beserta ratusanatau bahkan ribuan content e-booknya. Wah wah wah…bisa-bisa jadi lupa semua kerjaan lain *grin*. Unfortunately, kindle ini belum available bagi peminat diluar US, apalagi Indonesia.

Kindle tampaknya juga berniat menyasar kalangan pelajar dan mahasiswa dengan merancang perangkat ini sebagai pembaca buku teks dengan adanya fitur untuk menandai suatu teks yang dianggap penting dan membuat catatan. Fitur ini bakal menjadi daya tarik Kindle DX (latest generation), mengingat buku teks di Amerika masih sangat mahal (belum lagi berat????)

Harganya? Anda harus merogoh kocek cukup dalam $489 atau sekitar 5 juta rupiah untuk mendapatkan kindle generasi terakhir ini.

Seiring dengan suksesnya amazon kindle, berbagai merek eletronik lain pun mulai melirik pasar eletronik reader ini seperti Sony lewat Sony Reader PRS-500 dan iLiad dan eBookwise-1150

Majalah The Economist menulis, pada tahun 2043, tidak akan lagi koran kertas. Media edisi cetak memang diramalkan akan segera punah. Wow, i mean…Ini tentunya adalah kabar buruk bagi industri percetakan, namun disisi lain bayangkan berapa banyak pohon yang ditebang setiap tahunnya di dunia ini hanya untuk dijadikan kertas!

Well…walaupun saya juga pasti akan tetap menikmati mengoleksi & membaca buku the old fashioned way, namun saya juga benar-benar sudah tidak sabar menantikan electronic reader ini masuk ke Indonesia. Kapan ya?

Posted By : Kutu
In : Bookalicious

On Tuesday, May 19th, 2009, 5:23 pm
Read more...

Friday, May 29, 2009

Asiknya Berenang...:)

"Asiiiik besok berenang...hore...hore...berenang...main air...ciprak ciprak..." gaya alif seru sekali kalau diajak mau berenang, seneng banget deh dia. kalau udah menyangkut berenang, alif no.1 deh :).
“Memang mau berenangnya kapan sayang?” tanyaku menguji apakah alif ingat obrolannya dengan abinya di telp.

“Besok mi...kata abi besok kita berenang yuk bang”.
“trus...”
“abang tanya, berenang dimana bi, diBSD, marcopolo atau diYasmin...?”
“kata abi apa?” tanyaku
“di Yasmin, didekat rumah aja mi gak usah jauh-jauh dulu”
Ooo...ternyata anak kecil ini memorinya hebat banget ya.
“Oke kalau begitu sekarang anak ummi yang ganteng minum susu terus tidur, sudah malamkan, supaya besok pagi bangunnya cepet,kan mau berenang ” kataku sambil membuatkan alif susu hanget.
Memang tadi (hari jum’at)suamiku tercinta menelpon mengabari kalau beliau sudah distasiun kereta api kota mau pulang, dan mengajak alif besok berenang, udah lama gak refresing, sekalian olahraga. Biasanya hari sabtu juga beliau masuk kantor karna ada pekerjaan yang harus diselesaikan.
Walaupun setiap hari ketemu dirumah tapi komunikasi dikala beliau bekerja tidak putus, biar tetap dekat , karna komunikasi salah satu mediator yang dapat mempererat hubungan seseorang dengan orang lain, apakah itu suami-istri, orangtua-anak, keluarga, kerabat, bahkan teman.
Yap keesokan harinya hari sabtu hari libur yang dijanjiin sama abi...pagi-pagi alif jagoanku sudah bangun duluan sebelum azan subuh lho,hebat...:). Ya udah deh sekalian diajak abi sholat subuh kemesjid sambil ngayuh sepeda . Semoga ini bisa menjadi bekal buat alif kecilku kelak dia dewasa bahwa sholat subuh berjama’ah itu wajib bagi kaum adam dan mendapatkan pahala 27 kali lipat dibanding sholat sendiri .
Nah waktunya nyiapin sarapan nih sebelum berenang baiknya sarapan dulu walaupun sedikit supaya perut tidak kram minimal 1 jam sebelum berenang supaya tidak muntah nantinya. Siip... sarapan udah nah sekarang nyiapin perlengkapan berenang alif dan abinya, saya gak ikutan berenang .
Oke semua sudah beres, waktu menunjukkan pukul 7 pagi saat nya berangkat kekolam renang. Kalau berenang memang enaknya pagi-pagi masih seger, kalau sudah siang puanas, lagian ntar gosong deh hehehe.
"Asiiik berenaaang...” alif kecilku riang sekali begitu sampai dikolam renang . Ganti baju renang eit tidak lupa pakai pelampung. Alif kalau berenang maunya dikolam untuk orang dewasa kedalaman 2 meter, kakinya bisa nyiprak bebas dibawah air, so pasti pakai pelampung dong dan ada abi yang jagain.
“Wah seger sekali ummi...bbrrr dingin, ayuk mi sini berenang sama abang" kata alifku begitu masuk kedalam kolam renang.
Hmm ckckck aku tersenyum saja lihat keceriaan dan keriangan jagoan kecilku. Yah itulah anak-anak hanya dengan melihat senyuman mereka bisa mengobati kejenuhan dan kepenatan kita. Betapa tak ternilai harganya melihat kebahagiaan anak-anak kita, tertawa lepas, bebas tanpa beban tak akan bisa digantikan dengan materi, tapi hanya didapatkan dengan kasih sayang yang tulus dari kedua orang tuanya.



video
Read more...

KEUTAMAAN SHALAT TAHAJJUD

Shalat malam, bila shalat tersebut dikerjakan sesudah tidur, dinamakan shalat Tahajud, artinya terbangun malam. Jadi, kalau mau mengerjakan sholat Tahajud, harus tidur dulu.Shalat malam ( Tahajud ) adalah kebiasaan orang-orang shaleh yang hatinya selalu berdampingan dengan Allah SWT.

Berfirman Allah SWT di dalam Al-Qur’an :
“ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”
(QS : Al-Isro’ : 79)

Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu. Sekarang shalat Tahajud merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan .

Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda :
“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”
(HR Tirmidzi)

Bersabda Nabi Muhammad SAW :
“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam”
( HR. Muslim )

Waktu Untuk Melaksanakan Sholat Tahajud :
Kapan afdhalnya shalat Tahajud dilaksanakan ? Sebetulnya waktu untuk melaksanakan shalat Tahajud ( Shalatul Lail ) ditetapkan sejak waktu Isya’ hingga waktu subuh ( sepanjang malam ). Meskipun demikian, ada waktu-waktu yang utama, yaitu :
1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 - Subuh )

Menurut keterangan yang sahih, saat ijabah (dikabulkannya do’a) itu adalah 1/3 malam yang terakhir.
Abu Muslim bertanya kepada sahabat Abu Dzar : “ Diwaktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?”
Sahabat Abu Dzar menjawab : “Aku telah bertanya kepada Rosulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.”
Rosulullah SAW bersabda : “Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)

Bersabda Rosulullah SAW :
“ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )

Nabi SAW bersabda lagi :
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.”
( HR Bukhari dan Muslim )

Jumlah Raka’at Shalat Tahajud :
Shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit 2 ( dua ) raka’at. Yang paling utama kita kekalkan adalah 11 ( sebelas ) raka’at atau 13 ( tiga belas ) raka’at, dengan 2 ( dua ) raka’at shalat Iftitah. Cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )

Adapun Kaifiat yang diterangkan oleh Sahabat Said Ibnu Yazid, bahwasannya Nabi Muhammad SAW shalat malam 13 raka’at, sebagai berikut :
1) 2 raka’at shalat Iftitah.
2) 8 raka’at shalat Tahajud.
3) 3 raka’at shalat witir.

Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud :
- Pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah ialah Surat Al-Baqarah ayat 284-286. sedangkan,
- Pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah ialah surat Ali Imron 18-19 dan 26-27.
- Kalau surat-surat tersebut belum hafal, maka boleh membaca surat yang lain yang sudah dihafal, kalau bisa surat yang dibaca surat terpanjang yang kita hafal.

Rasulullah SAW bersabda :
“Allah menyayangi seorang laki-laki yang bangun untuk shalat malam, lalu membangunkan istrinya. Jika tidak mau bangun, maka percikkan kepada wajahnya dengan air. Demikian pula Allah menyayangi perempuan yang bangun untuk shalat malam, juga membangunkan suaminya. Jika menolak, mukanya disiram air.” (HR Abu Daud)

Bersabda Nabi SAW :
“Jika suami membangunkan istrinya untuk shalat malam hingga keduanya shalat dua raka’at, maka tercatat keduanya dalam golongan (perempuan/laki-laki) yang selalu berdzikir.”(HR Abu Daud)

Keutamaan Shalat Tahajud :
Tentang keutamaan shalat Tahajud tersebut, Rasulullah SAW suatu hari bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun lima keutamaan didunia itu, ialah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Share Oleh : H. Sunaryo A.Y.
Bahan (materi) di ambil dari buku “RAHASIA SHALAT SUNNAT” (Bimbingan Lengkap dan Praktis) Oleh: Abdul Manan bin H. Muhammad S

Read more...

Thursday, May 28, 2009

Kanker Serviks

Di Indonesia, diperkirakan 20 perempuan meninggal karena kanker serviks setiap harinya, dan lebih dari 70% penderita datang memeriksakan diri dalam stadium lanjut (data YKI),Sehingga menyebabkan kematian karena keterlambatan ditemukan dan diobati.

Definisi kanker cerviks
Kanker serviks adalah tumbuhnya sel tidak normal pada serviks (leher rahim)

Penyebab Kanker serviks
- Kanker Serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV) onkogenik (Penyebab kanker).
- HPV 16 dan 18 merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia.

Beberapa faktor risiko terkena kanker cerviks :
- Mulai melakukan hubungan seks pada usia muda
- sering berganti-ganti pasangan seksual
- melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang sering berganti-ganti pasangan seksual.
- Sering menderita Infeksi di daerah kelamin
- Melahirkan banyak anak
- kebiasaan merokok / menjadi perokok pasif
- Defisiensi Vit A, C, E

Kanker serviks pada stadium dini sering tidak menunjukkan gejala yang khas, Gejala yang timbul pada stadium lanjut adalah :
- Pendarahan setelah melakukan hubungan seksual
- Keluar keputihan atau cairan encer pada Mrs V
- Pendarahan setelah Menopouse
- Keluar cairan kekuningan berbau atau bercampur darah
- Nyeri panggul dan tidak dapat buang air kecil

Pencegahan kanker serviks dikategorikan menjadi 2 kelompok
- pencegahan primer : promosi, edukasi, dan vaksinasi
- pencegahan sekunder : deteksi dini dengan : Papsmear dan IVA (Inspeksi Visua Asetat)

Deteksi dini (Pap Smear dan IVA)
- Bagi perempuan yang aktif secara seksual, lakukan deteksi dini setahun sekali
- deteksi dini dapat mengidentifikasi sel abnormal, lesi prakanker, dan kanker serviks.

Vaksin HPV
Dapat dilakukan pada perempuan usia 12-55 tahun
dilakukan 3x injeksi dalam kurun waktu 6bulan.
Mengenai harga vaksin, bisa di cek ke RS masing2, biasanya beda RS beda harga.
Tapi setau aku sih, harga vaksin HPV beda tipis dengan harga vaksin IPD.

* Sumber : YKI (Yayasan Kanker Indonesia)
Read more...

SHOLAT TAHAJJUD SESUAI TUNTUNAN RASUL SHOLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM

Allah berfirman dalam QS. Al-Furqon: 63-64 : "Dan hamba-hamba Allah yang Maha penyayang (ialah) mereka yang berjalan di permukaan bumi ini dengan merendah diri, dan apabila orang-orang jahil mengajak mereka berbicara (dengan perkataan yang tidak sopan),mereka menjawab dengan perkataan yang sopan. Dan mereka itu apabila pada waktu malam hari bersujud dan berdiri (shalat) karena (ikhlas) kepada Tuhan mereka."

Al-Mughirah bin Syu'bah Radhiallahu'anhu berkata:
"Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam berdiri (sholat pada waktu malam) sehingga kedua kaki beliau bengkak. Maka beliau ditanya; Bukankah Allah telah mengampunimu dosa yang telah lalu dan yang akan datang? Beliau menjawab: Apakah tidak sepatutnya aku menjadi seorang hamba yang bersyukur"
(HR. Bukhari dan Muslim).

Sholat tahajjud adalah sama dengan Qiyamul lail, arti qiyamul lail adalah sholat malam. bisa juga disebut tahajjud asalnya dari kata kerja (fi'il) tahajjada, artinya: bangun tidur. Firman Allah dalam Al-Isra': 79 : "Dan pada sebagian malam hendaklah engkau ber-tahajjud (bangun untuk shalat), sebagai tambahan (shalat sunnat) bagimu, niscaya Tuhanmu akan bangkitkanmu pada kedudukan yang terpuji."

Qiyamul lail itu hukumnya sunnah, sebagaimana Rasulullah sabdakan, "Shalat yang paling utama sesudah (shalat) fardhu, (ialah) shalat lail" (HR. Muslim)

Waktu untuk qiyamul lail terbentang dari sejak seseorang selesai menunaikan shalat isya hingga sebelum terbit fajar sebagai tanda permulaan waktu shalat subuh. Adapun waktu yang paling utama untuk menunaikan qiyamul lail adalah pada akhir malam atau sering juga disebut apabila malam sudah tinggal
sepertiganya.

Aisyah meriwayatkan : "Rasulullah pernah shalat antara waktu yang kosong (selesai) shalat isya' hingga fajar sebelas rakaat, beliau memberi salam pada tiap-tiap dua rakaat dan berwitir satu rakaat" (HR Bukhari).

Dari Aisyah, ia berkata:
Setiap malam Rasululah mengerjakan shalat witir, yaitu pada permulaan malam, atau pada pertengahan malam, atau pada akhir malam dan shalat witirnya itu selesai pada waktu dini hari (akhir malam sebelum terbit fajar) (HR Jama'ah).

Di hadits lain, Dari Aisyah, ia berkata: Tiap malam Rasulullah berwitir dan witirnya itu selesai hingga dini hari" (HR Bukhari).

Qiyamul lail itu boleh dikerjakan pada awal malam atau pertengahan malam. Tetapi yang paling utama adalah dini hari dan selesai sebelum adzan subuh dikumandangkan kira-kira orang selesai membaca lima puluh ayat al-Qur'an sebagaimana hadits zaid bin sabit ia berkata: Kami makan sahur bersama Nabi
kemudian beliau pergi shalat. Ada yang bertanya: Berapa (lama) antara adzan dan waktu makan sahur ? Dia (Zaid) menjawab: kira-kira (selama membaca) lima puluh ayat" (HR. Bukhari dan Muslim).

Rakaatnya :
Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam tidak pernah sholat malam melebihi 11 rakaat + 2 rakaat sholat iftitah (awalan) sehingga total 13 rakaat. Adapun hadits2 yang melebihi 13 rokaatnya semuanya adalah dhoif.

Dari Ibnu Abbas, ia berkata: shalat Nabi saw tiga belas rakaat, yaitu shalat pada waktu malam" (HR Muslim)

"Dari Aisyah, ia berkata: Rasulullah tidak pernah menambah shalatnya pada bulan Ramadhan dan tidak pula pada bulan yang lain dari sebelas rakaat" (HR. Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan banyak hadits shahih, qiyamul lail yang pernah dikerjakan Rasulullah itu 10 rakaat, 8 rakaat, 6 rakaat. 4 rakaat dan paling sedikit 2 rakaat.

Caranya :
Tata caranya boleh dua rakaat dua rakaat salam, boleh juga empat rokaat empat rokaat salam

Dari Ibnu Umar, ia menceritakan bahwa Rasulullah telah bersabda: shalat lail itu dua (rakaat) dua (rakaat). apabila engkau tahu bahwa waktu subuh akan tiba, hendaklah engkau kerjakan shalat witir satu rakaat. Ibnu Umar ditanya: Apa yang dimaksud dua-dua itu ? Ia menjawab : yaitu memberi salam tiap-tiap dua rakaat." (HR. Muslim).

Dari Aisyah, ia berkata: Rasulullah tidak pernah menambah (rakaat shalatnya) pada bulan Ramadhan dan tidak pula pada bulan yang lain dari sebelas rakaat; beliau shalat empat rakaat, jangan engkau tanya tentang bagus dan panjangnya; kemudia beliau shalat empat rakkat (lagi), jangan engkau tanya
tentang bagus dan panjangnya, sesudah itu beliau shalat tiga (rakkat)." (HR Bukhari dan Muslim).

Aisyah berkata, "Adalah Rasulullah saw shalat empat rakaat di waktu malam, lalu beliau istirahat dan berlangsung lama sehingga aku kasihan padanya"
Doa Qiyamul Lail :
Tidak ada doa khusus setelah qiyamul lail. doa apa saja yang dibutuhkan asalkan yang baik doa itu mengandung kebaikan.

Dari Anas Radhiallahuanhu dia berkata: Saya mendengar Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda: Allah ta'ala berfirman: Wahai anak Adam, sesungguhnya Engkau berdoa kepada-Ku dan memohon kepada-Ku, maka akan aku ampuni engkau, Aku tidak peduli (berapapun banyaknya dan besarnya
dosamu). Wahai anak Adam seandainya dosa-dosamu (sebanyak) awan di langit kemudian engkau minta ampun kepada-Ku niscaya akan Aku ampuni engkau. Wahai anak Adam sesungguhnya jika engkau datang kepadaku dengan kesalahan sepenuh bumi kemudian engkau menemuiku dengan tidak menyekutukan Aku sedikitpun maka akan Aku temui engkau dengan sepenuh itu pula ampunan" (Riwayat Turmuzi dan dia berkata : haditsnya hasan shahih).

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu berkata : Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda : Sesungguhya Allah ta'ala berfirman : Siapa yang memusuhi waliku maka Aku telah mengumumkan perang dengannya. Tidak ada taqarrubnya seorang hamba kepada-Ku yang lebih aku cintai kecuali dengan beribadah dengan apa yang telah Aku wajibkan kepadanya. Dan hambaku yang selalu mendekatkan diri kepada-Ku dengan nawafil (perkara-perkara sunnah diluar yang fardhu) maka Aku akan mencintainya dan jika Aku telah mencintainya maka Aku adalah pendengarannya yang dia gunakan untuk mendengar, penglihatannya yang dia gunakan untuk melihat, tangannya yang digunakannya untuk memukul dan kakinya yang digunakan untuk berjalan. Jika dia meminta kepadaku niscaya akan aku berikan dan jika dia minta perlindungan dari-Ku niscaya akan Aku lindungi " (Riwayat Bukhori)wallahu a'lam

sumber :
- Al Quran
- Fiqhus sunnah karya sayyid sabiq + kitab tamamul minnah syaikh al albani
- shifat tarawih nabi karya syaikh salim al hilaly dan syaikh hasan abdul hamid
Read more...

Wednesday, May 20, 2009

Radang Tenggorokan

Pernah pusing kepala karena anak kita demam, lesu, tidak mau makan, dan mengeluh sakit waktu menelan? Apalagi gejalanya ditambah dengan rewel, hidung mampet atau justru tidak berhenti meler, dan nyeri di telinganya! Rasanya ingin ada obat ajaib yang bisa membuat anak sembuh dalam sekejap. Simsalabim! Wah tunggu dulu...
Mungkin hampir seluruh orang tua pernah pergi ke dokter dan anaknya didiagnosis radang tenggorokan dengan gejala tersebut diatas. Mungkin kemudian kita pulang dengan sederet obat atau. mungkin juga tidak. ]adi sebenarnya, apa sin yang periu kita waspadai tentang radang tenggorokan yang terkenal ini?

Sekelumit Fakta Tentangnya...
Anak bisa sangat sering terserang infeksi saluran napas atas, termasuk radang tenggorokan dan ternyata sekitar 90% dari kasus radang tenggorokan yang disertai hidung berair, demam, dan nyeri telinga disebabkan oleh virus! Bakteri menjadi penyebab dari 10% kasus sisanya. Karena hampir seluruh kasus disebabkan oleh virus, maka antibiotik biasanya tidak diperlukan. Infeksi oleh virus (misalnya: batuk-pilek, radang tenggorokan) sama sekali tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik. Infeksi virus akan sembuh dengan sendirinya, tubuh akan melawan dengan sistem kekebalan tubuh. Penggunaan antibiotik yang berlebihan justru akan merugikan karena akan membuat anak menjadi resisten dan antibiotik menjadi tidak mempan untuk melawan infeksi saat dibutuhkan. Jadi, mari kita simpan antibiotik ini untuk "perang" yang lebih hebat bila diperlukan. Save the best for last, istilahnya.

Pada 10% kasus sisanya bakteri penyebab radang tenggorokan tersering adalah Streptokokus. Gejala infeksi bakteri ini adalah tenggorokan yang berwarna merah daging dan tonsil yang mengeluarkan cairan. Untuk mendiagnosis bakteri ini sebagai penyebab secara past! adalah dengan melakukan usap tenggorok untuk kemudian dikultur serta dilakukan pemeriksaan darah. Hanya untuk kasus yang disebabkan bakteri saja antibiotik diperlukan.

Bila anak menjadi gelisah, rewel, sulit tidur, lemah, atau lesu karena gejala radang tenggorokan ini, kita dapat membantu meredakan gejalanya. Tidak harus selalu dengan obat, mungkin dengan tindakan yang mudah dan sederhana bisa membantu menenangkan anak:

Nyeri menelan: banyak minum air hangat, obat kumur, lozenges, parasetamol untuk meredakan nyeri.
Demam : banyak minum, parasetamol, kompres hangat atau seka tubuh dengan air hangat.
Hidung tersumbat dan berair (meler): banyak minum hangat, anak diuap dengan baskom air hangat, tetes hidung NaCI.

Jangan terlalu cemas bila anak tidak langsung sembuh dalam 1 atau 2 hari, karena dalam beberapa kasus, radang tenggorokan karena virus baru sembuh setelah 2 minggu. Yang diperlukan adalah kesabaran dan pengawasan orang tua terhadap gejala anak. Bawalah anak ke dokter bila gejala terlihat makin berat; anak tampak sulit bernapas, kebiruan pada bibir dan/atau kuku, anak tampak gelisah atau justru sangat mengantuk, atau anak batuk/demam berkepanjangan.

Sumber:
1. 1 .Bernan S, Johnson C, Chan K, Kelley P. Ear, Nose, and Throat, in Current Pediatric and Treatment. 15th ed. Hay WW, Hayward AR, Levin M], Sondheimer JM (ed). New York: Lange Medical Books/McGraw-Hill, 2001. p 419-20.
2. Using Antibiotic Sensibly. http://www.mayoclinic.com/invoke.cfm?id=FL00075
3. Antibiotic: When They Can and Can't Help. American Family Physician, http://www.familydoctor.org.
4. Sore Throat And Fever: Average Number in Children? http://www.mayoclinic.com/invoke.cfm?id = HQ00291
pesat3 : Masalah-Masalah Kesehatan Umum Pada Anak oleh dr Purnamawati S Pujiarto SpAK.MMPed
Read more...

Tuesday, May 19, 2009

Macam-macam Batuk Pada Anak

Batuk merupakan salah satu gejala yang paling sering ditemukan pada anak, dan merupakan keluhan yang seringkali menyebabkan orang tua membawa anak mereka ke dokter.
Batuk merupakan gejala dari sebagian besar infeksi pernapasan. Infeksi pernapasan meliputi:
  • Infeksi pernapasan atas, seperti pilek (dikenal juga sebagai common colds, hidung beringus, nasofaringitis akut atau faringorinitis akut.)
  • Infeksi pernapasan bawah, seperti pneumonia, bronkitis, bronkiolitis.
Kadang-kadang batuk terdengar hebat. Namun demikian, biasanya batuk bukan merupakan gejala yang membahayakan. Sebenarnya batuk merupakan suatu refleks tubuh untuk membantu membersihkan jalan napas. Namun demikian, batuk dapat menjadi alasan untuk berkunjung ke dokter. Kita perlu mengenal jenis-jenis batuk, agar kita tahu bagaimana menanganinya dan mengetahui pula kapan sebaiknya kita meminta bantuan medis.

Jenis-jenis batuk dan Apa Maknanya

1. Batuk "Menggonggong"
Batuk seperti ini biasanya disebabkan oleh croup, yaitu suatu peradangan pada larings dan trakea yang dicetuskan oleh alergi, perubahan suhu di malam hari, atau yang paling sering adalah infeksi pernapasan atas akibat virus. Pada anak kecil, saluran napas yang kecil akan semakin menyempit ketika mengalami peradangan. Pita suara pun akan membengkak sehingga anak mengalami kesulitan bernapas. Anak usia kurang dari 3 tahun paling sering menderita croup. Croup dapat muncul mendadak di tengah malam, sehingga orang tua pun khawatir. Walaupun kebanyakan kasus dapat ditangani di rumah, apabila anak dicurigai mengalami croup, hubungilah dokter untuk mendiskusikan kondisinya.

2. Batuk Rejan (" Whooping Cough)
Bunyi "whoop" adalah bunyi yang terjadi setelah batuk, yaitu pada saat anak tersebut berusaha menarik napas dalam setelah batuk terus-menerus selama berberapa kali. Jika anak mengeluarkan bunyi "whoop" (yang terdengar seperti "hoop") setelah batuk terus-menerus sebanyak beberapa kali, kemungkinan besar ada gejala pertusis (batuk rejan) -terutama jika anak anda belum menerima vaksinasi difteri/tetanus/pertusis (DTP/DTaP).
Di lain pihak, bayi yang menderita pertusis biasanya tidak mengeluarkan bunyi "whoop" setelah episode batuk yang panjang, tetapi bayi seperti ini dapat kekurangan oksigen atau bahkan berhenti napas karena penyakit ini. Pada bayi dan anak yang masih sangat kecil, pertusis dapat mematikan. Oleh karena itu, segera hubungi dokter.

3. Batuk dengan Mengi
Batuk yang disertai bunyi mengi saat anak mengeluarkan udara napas, ini mungkin menandakan adanya suatu "sumbatan" di jalan napas bawah. Sumbatan ini dapat disebabkan oleh pembengkakan akibat infeksi pernapasan (seperti bronkiolitis atau pneumonia), asma, atau akibat adanya suatu yang tersangkut di jalan napas. Pada keadaan seperti ini, hubungilah dokter, kecuali kalau anak anda sudah sering mengalami masalah ini dan anda telah mempunyai obat, seperti inhaler atau nebulizer, disertai dengan petunjuk penggunaan obat tersebut untuk menangani asma di rumah. Apabila anak tidak membaik dengan pengobatan tersebut, hubungi dokter.

4. Stridor
Berbeda dengan mengi, stridor merupakan suara napas yang berisik dan kasar yang terdengar pada saat anak menghirup napas. Jika terdengar stridor, segera hubungi dokter.
Stridor, paling sering disebabkan oleh pembengkakan di jalan napas atas, biasanya akibat croup karena virus. Namun, kadang-kadang dapat juga timbul akibat adanya benda asing yang menyumbat jalan napas atau akibat infeksi yang lebih berat yaitu epiglotitis. Epiglotitis rnerupakan keadaan yang mengancam jiwa, dimana epiglotis mengalami pembengkakan dan menutupi aliran udara ke paru. Penyebab pembengkakan epiglotis yang paling sering adalah adalah infeksi bakteri Haemophilus influenzae tipe B (Hib). Namun, epiglotitis dapat juga timbul karena penyebab lain seperti luka bakar karena air panas, cedera di tenggorokan, dan berbagai infeksi virus dan bakteri.

5. Batuk Mendadak
jika anak batuk secara tiba-tiba, mungkin anak tersedak makanan atau minuman masuk "jalur yang salah" yaitu ke saluran napas atau ada sesuatu (misalnya potongan makanan, muntahan, atau mungkin mainan atau uang logam) yang tersangkut di tenggorokannya atau jalan napasnya. Batuk membantu membersihkan dan membebaskan jalan napas dari sumbatan tersebut.
Batuk dapat berlangsung hingga semenit atau hanya sebentar saja diakibatkan tenggorokan atau jalan napasnya teriritasi. Akan tetapi, jika batuk tidak kinjung reda atau justru menjadi sulit bernapas, hubungi dokter. Jangan coba-coba membersihkan tenggorokannya dengan jari anda karena tindakan ini justru dapat mendorong sumbatan yang ada semakin jauh ke bawah ke pipa udara.

6. Batuk Malam Hari
Banyak batuk yang memburuk pada malam hari. Hal ini karena pada saat anak berbaring di tempat tidur, sumbatan pada hidung dan sinus mengalir ke tenggorokan dan menimbulkan iritasi. Keadaan ini umumnya tidak mengkhawatirkan kecuali bila sampai mengganggu tidur si anak.
Asma juga dapat mencetuskan batuk malam hari karena jalan napas kita cenderung lebih sensitif dan menjadi lebih mudah teriritasi pada malam hari.

7. Batuk Siang Hari
Biasanya ditimbulkan oleh alergi, asma, pilek (colds), flu, dan infeksi pernapasan lainnya. Udara dingin atau aktivitas dapat memperberat batuk, dan batuk ini seringkali membaik pada malam hari atau pada saat anak beristirahat. Pada keadaan ini, sebaiknya AC tidak dinyalakan, tidak ada binatang piaraan atau asap, yang menyebabkan anak batuk.

8. Batuk disertai Pilek (Colds)
Kebanyakan pilek (colds) disertai dengan batuk. Oleh karena itu, dapat dimengerti jika saat anak anda pilek, ia juga mengalami batuk (kering atau berdahak). Batuk ini biasanya berlangsung selama 1 minggu ketika gejala pilek (colds) lainnya telah mereda.

9. Batuk dengan Demam
Jika anak batuk, dengan demam yang tidak tinggi dan hidung beringus, kemungkinannya adalah ia menderita pilek (colds) biasa. Di lain pihak, batuk yang disertai 39 derajat Celcius atau lebih tinggi dimana anak tampak lesu dan napasnya cepat, pikirkan kemungkinan pneumonia. Pada kasus ini, hubungi dokter sesegera mungkin.

10. Batuk dengan Muntah
Batuk yang berat pada anak seringkali merangsang refleks muntah. Biasanya, hal ini tidak membahayakan kecuali jika muntah berkelanjutan. Anak yang batuk dengan pilek (colds)/ flu atau asma, bisa muntah apabila lendir mengalir ke lambung dan menyebabkan mual. Perlu diingat, keadaan ini dapat merupakan hal yang biasa dan tidak berbahaya.

3 tahun - 4 tahun
20-30
5 tahun - 9 tahun
15-30
10 tahun atau lebih
15-30

Selain menghitung laju napas, anda dapat juga memperhatikan kepala dan dada anak. Bila anak cenderung menengadahkan kepala (ke belakang), hal ini menunjukkan adanya kesulitan napas pada anak. Disamping itu, dapat pula ditemukan cekungan di di bawah leher, di sela iga dan di atas ulu hati yang menunjukkan anak berusaha menggunakan otot bantu napas untuk memudahkannya bernapas. Perhatikan juga adanya napas cuping hidung yang menandakan kesulitan bernapas pada anak.

Penanganan Profesional
Salah satu cara terbaik untuk mendiagnosis batuk adalah dengan mendengar. Dokter akan menentukan cara penanganannya antara lain berdasarkan bunyi batuknya. Karena sebagian besar penyakit pernapasan disebabkan oleh virus, dokter tidak perlu meresepkan antibiotika pada banyak kasus batuk. Antibiotika tidak digunakan untuk pencegahan. Antibiotika dapat digunakan untuk "mengobati" infeksi bakteri tetapi antibiotika tidak mempunyai efek terhadap virus.

Pada common colds, antibiotika tidak diperlukan karena karena antibiotika tidak mempercepat penyembuhan dan tidak mencegah komplikasi. Jika dicurigai pneumonia atau infeksi bakteria lainnya, dokter mungkin akan meresepkan antibiotika. Penggunaan antibiotika yang tidak tepat menyebabkan bakteri menjadi kebal (resisten) terhadap antibiotika. Resistensi ini merupakan masalah berat yang mengkhawatirkan seluruh dunia dan dapat menimbulkan penyakit yang serius dan kematian. Untuk mencegah resistensi ini, maka hal-hal yang perlu dilakukan antara lain adalah jangan meminta antibiotika pada dokter jika anda/anak anda mengalami pilek (colds). Di lain pihak, jika anda mendapat antibiotika untuk infeksi bakteri, gunakan sesuai petunjuk dokter; jangan berbagi antibiotika dengan orang lain.

Pada umumnya, obat-obat batuk tidak diperlukan. Obat-obat ini, baik yang diresepkan atau yang dijua! bebas, mungkin mempunyai efek samping yang tidak menyenangkan dan bahkan dapat berbahaya bag! bay! dan anak kecil. Biasanya yang paling baik ialah dengan membiarkan perjalanan penyakitnya, hingga penyakit itu sembuh dengan sendirinya.

Pneumonia, pertusis, RSV, dan kasus croup yang berat, mungkin perlu rawat inap di rumah sakit. Biasanya hal ini diperlukan hanya untuk pemantauan ketat dan untuk memastikan kecukupan asupan cairan. Kadang-kadang, jika anak mengalami kesulitan bernapas, diberikan oksigen.

Penanganan di Rumah
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah untuk membuat anak lebih nyaman saat ia sedang batuk. Namun, konsultasi ke dokter tetap diperlukan pada keadaan-keadaan seperti yang telah dijelaskan di atas.
  • Jika anak menderita asma, pastikan bahwa anda telah menerima petunjuk penanganan asma dari dokter anak. Pantau perkembangan anak dengan seksama selama serangan asma dan berikan obat-obat asma sesuai petunjuk dokter.
  • Jika anak-hidungnya tersumbat, bersihkan hidungnya sebelum memberikan makanannya. Untuk membersihkan lendir yang menyumbat hidung dapat digunakan tetes hidung yang mengandung garam fisiologis (NaCI 0,9%) sebanyak 2 tetes pada masing-masing hidung 15- 20 menit sebelum makan. Tetes hidung NaCI 0,9% tidak memiliki efek samping. Jangan gunakan tetes hidung yang mengandung obat lain, karena obat tersebut dapat diserap dalam jumlah yang berlebihan.

    Cara lain untuk membersihkan lendir yang menyumbat hidung yaitu dengan alat hisap yang terbuat dari karet. Jangan lupa untuk memencet alat tersebut terlebih dahulu, kemudian ujung karet dimasukkan ke satu lubang hidung, lalu perlahan keluarkan dan lepaskan pencetan pada alat tersebut. Cara ini akan mengeluarkan lendir yang menyumbat hidung dan memudahkan anak bernapas kembali. Teknik ini lebih mudah dilakukan pada bayi berusia kurang dari 6 bulan. Anak yang lebih besar mungkin akan menolak cara ini. Penggunaan garam fisiologis lebih dianjurkan daripada cara ini karena alat hisap tidak mudah didapatkan dan penghisapan yang tidak hati-hati dapat menyakitkan.

  • Jika anak anda mengalami colds, beristirahatlah di rumah. Hal ini akan membantu penyembuhannya dan menghindarkan penularan pada orang lain. Ingat, cuci tangan merupakan hal yang penting untuk mencegah penularan.
  • Jika anak terbangun pada malam hari dengan batuk seperti menggonggong", bawa anak ke kamar mandi,. tutup pintu, dan putar keran shower air hangat selama beberapa menit hingga memenuhi bathtub. Jika tidak ada shower air hangat, anda dapat memasukkan air panas ke dalam ember dan biarkan ruangan menjadi penuh uap. Duduklah bersama anak di lantai kamar mandi selama sekitar 20 menit. Uap air akan membantu anak bernapas lebih mudah. Bacakanlah buku cerita supaya anak merasa nyaman.
  • Jaga agar lingkungan tetap lembab (AC justru membuat ruangan menjadi kering).
  • Minuman dingin seperti jus dapat memberi rasa nyaman. Hindari minuman bersoda atau minuman asam karena dapat merangsang saluran cerna.
  • Jangan berikan anak (terutama bayi dan anak kecil) obat-obat batuk yang dijual bebas tanpa petunjuk khusus dari dokter. Kebanyakan obat-obat ini menekan batuk sehingga dapat membahayakan anak. Batuk tidak boleh ditekan karena batuk justru membantu mengeluarkan sekret/kotoran yang kadang-kadang timbul pada penyakit pernapasan. Pada beberapa keadaan, obat-obat ini bahkan menimbulkan efek samping yang berbahaya bila diberikan pada bayi dan anak yang masih sangat kecil. Selain itu, pedoman dosis obat-obat yang dijual bebas untuk anak seringkali berdasarkan pedoman dosis untuk dewasa (bukan diformulasi khusus untuk bayi), jadi obat tersebut mungkin tidak bekerja secara tepat seperti yang diinginkan.

Kesimpulan
Batuk merupakan gejala yang paling sering ditemukan pada anak. Meskipun kadang-kadang batuk terdengar berat, batuk umumnya tidak berbahaya dan dapat ditangani di rumah. Batuk merupakan suatu refleks tubuh untuk membantu membersihkan jalan napas kita. Ingat, batuk merupakan gejala dan bukan penyakit. Jika anak batuk, harus dipikirkan apa yang menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, kita perlu mengenal jenis-jenis batuk agar kita tahu bagaimana menanganinya dan kapan harus menghubungi dokter.

Tulisan ini disunting dari :
Coughs, Colds, and Antibiotics. JAMA & ARCHIVES JOURNALS. American Medical Assosiation. http://www.medem.com/medlb/article detaillb.ctm?article ID=ZZZAFHOC8GD⊂ cat=277
• Common colds and Young Children.http://www.aap.org/pubed/ZZZN097VA7Chtm?sub cat= 107
• Cough and Cold Remedies for The Treatment of Acute Respiratory Infection in Young Children. Department of Child and Adolescent Health and Development. World Health Organization.
• Dowshen S, Rutherford K. Your Child's Cough. Mayo Clinic.
• Matondang CS, Wahidiyat I, Sastroasmoro S. Diagnosis Fisik pada Anak. Sagung Seto, Jakarta, 2000; hal 205 Oleh Daulika Yusna + Sps

Jakarta, 6 April 2005
pesat 3: Masalah-Masalah Kesehatan Umum Pada Anak oleh dr Purnamawati S Pujiarto SpAK. MMPed
Read more...

ANCAMAN MENINGGALKAN SHALAT

Barang siapa melalaikan sholat, Allah SWT akan menyiksanya dengan 15 siksaan. Enam siksaan di dunia, tiga siksaan ketika...

Meninggal, tiga siksaan di alam kubur, tiga siksaan saat bertemu dengan Allah SWT.
Ketika Malaikat Jibril turun dan berjumpa dengan Rasulullah SAW, ia berkata, “Wahai Muhammad, Allah tidak akan menerima puasa, zakat, haji, sedekah, dan amal saleh seseorang yang meninggalkan sholat. Ia dilaknat di dalam Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Quran. Demi Allah, yang telah mengutusmu sebagai nabi pembawa kebenaran, sesungguhnya orang yang meninggalkan sholat, setiap hari mendapat 1.000 laknat dan murka. Para malaikat melaknatnya dari langit pertama hingga ketujuh.

Orang yang meninggalkan sholat tidak memperoleh minuman dari telaga surga, tidak mendapat syafaatmu, dan tidak termasuk dalam umatmu. Ia tidak berhak dijenguk ketika sakit, diantarkan jenazahnya, diberi salam, diajak makan dan minum. Ia juga tidak berhak memperoleh rahmat Allah.Tempatnya kelak di dasar neraka bersama orang-orang munafik, siksanya akan dilipatgandakan, dan di hari kiamat ketika dipanggil untuk diadili akan datang dengan tangan terikat di lehernya. Para malaikat memukulinya, pintu neraka jahanam akandibukakan baginya, dan ia melesat bagai anak panah ke dalamnya, terjun dengan kepala terlebih dulu, menukik ke tempat Qorun dan Haman di dasar neraka.

Ketika ia menyuapkan makanan ke dalam mulutnya, makanan itu berkata, ‘Wahai musuh Allah, semoga Allah melaknatmu, kamu memakan rezeki Allah namun tidak menunaikan kewajiban-kewajiban dari-Nya.’ Ketahuilah, sesungguhnya bencana yang paling dahsyat, perbuatan yang paling buruk, dan aib yang paling nista adalah kurangnya perhatian terhadap sholat lima waktu, sholat Jumat, dan sholat berjemaah. Padahal, semua itu ibadah-ibadah yang oleh Allah SWT ditinggikan derajatnya, dan dihapuskan dosa-dosa maksiat bagi siapa saja yang menjalankannya.

Orang yang meninggalkan sholat karena urusan dunia akan celaka nasibnya, berat siksanya, merugi perdagangannya, besar musibahnya, dan panjang penyesalannya. Ia dibenci Allah, dan akan mati dalam keadaan tidak Islam, tinggal di neraka Jahim atau kembali ke neraka Hawiyah.”

Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa meninggalkan sholat hingga terlewat waktunya, lalu mengadanya, ia akan disiksa di neraka selama satu huqub (80 tahun).... Sedangkan ukuran satu hari di akhirat adalah 1.000 tahun di dunia.” Demikian tertulis dalam kitab Majalisul Akbar.
Sementara dalam kitab Qurratul Uyun, Abu Laits Samarqandi menulis sebuah hadis, “Barang siapa meninggalkan sholat fardu dengan sengaja walaupun satu sholat, namanya akan tertulis di pintu neraka yang ia masuki”.Ibnu Abbas berkata, ”Suatu ketika Rasulullah SAW bersabda, ‘Katakanlah, ya Allah, janganlah salah seorang dari kami menjadi orang-orang yang sengsara.’ Kemudian Rasulullah SAW bertanya, ‘Tahukah kamu siapakah mereka itu?’ Para sahabat menjawab, ‘Mereka adalah orang yang meninggalkan sholat. Dalam Islam mereka tidak akan mendapat bagian apa pun’

Disebutkan dalam hadis lain, barang siapa meninggalkan sholat tanpa alasan yang dibenarkan syariat, pada hari kiamat Allah SWT tidak akan memedulikannya, bahkan Allah SWT akan menyiksanya dengan azab yang pedih. Diriwayatkan, pada suatu hari Rasulullah SAW berkata, ”Katakanlah, ya Allah, janganlah Engkau jadikan seorang pun di antara kami celaka dan diharamkan dari kebaikan.”“Tahukah kalian siapakah orang yang celaka, dan diharamkan dari kebaikan?”“Siapa, ya, Rasulullah?” “Orang yang meninggalkan sholat,” jawab Rasulullah. Dalam hadis yang berhubungan dengan peristiwa Isra Mi'raj, Rasulullah SAW mendapati suatu kaum yang membenturkan batu ke kepala mereka. Setiap kali kepala mereka pecah, Allah memulihkannya seperti sedia kala. Demikianlah mereka melakukannya berulang kali. Lalu, beliau bertanya kepada Jibril, “Wahai Jibril, siapakah mereka itu?”
“Mereka adalah orang-orang yang kepalanya merasa berat untuk mengerjakan sholat,” jawab Jibril.

Diriwayatkan pula, di neraka Jahanam ada suatu lembah bernama Wail. Andaikan semua gunung di dunia dijatuhkan ke dalamnya akan meleleh karena panasnya yang dahsyat. Wail adalah tempat orang-orang yang meremehkan dan melalaikan sholat, kecuali jika mereka bertobat. Bagi mereka yang memelihara sholat secara baik dan benar, Allah SWT akan memuliakannya dengan lima hal, dihindarkan dari kesempitan hidup, diselamatkan dari siksa kubur, dikaruniai kemampuan untuk menerima kitab catatan amal dengan tangan kanan, dapat melewati jembatan shirathal mustaqim secepat kilat, dan dimasukkan ke dalam surga tanpa hisab. Dan barang siapa meremehkan atau melalaikan sholat, Allah SWT akan menyiksanya dengan 15 siksaan. Enam siksaan di dunia, tiga siksaan ketika meninggal, tiga siksaan di alam kubur, dan tiga siksaan saat bertemu dengan Allah SAW. Adapun enam siksaan yang ditimpakan di dunia adalah dicabut keberkahan umurnya, dihapus tanda kesalehan dari wajahnya (pancaran kasih sayang terhadap sesama), tidak diberi pahala oleh Allah semua amal yang dilakukannya, doanya tidak
diangkat ke langit, tidak memperoleh bagian doa kaum salihin, dan tidak beriman ketika roh dicabut dari tubuhnya. Adapun tiga siksaan yang ditimpakan saat meninggal dunia ialah mati secara hina, mati dalam keadaan lapar, dan mati dalam keadaan haus. Andai kata diberi minum sebanyak lautan, ia tidak akan merasa puas.

Sedangkan tiga siksaan yang didapat dalam kubur ialah, kubur mengimpitnya hingga tulang-belulangnya berantakan, kuburnya dibakar hingga sepanjang siang dan malam tubuhnya berkelojotan menahan panas, tubuhnya diserahkan kepada seekor ular bernama Asy-Syujaul Aqra. Kedua mata ular itu berupa api dan kukunya berupa besi, kukunya sepanjang satu hari perjalanan. ”Aku diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyiksamu, karena engkau mengundurkan sholat Subuh hingga terbit matahari, mengundurkan sholat Zuhur hingga Asar, mengundurkan sholat Asar hingga Magrib, mengundurkan sholat Magrib hingga Isya, dan mengundurkan sholat Isya hingga Subuh,” kata ular itu.Setiap kali ular itu memukul, tubuh mayat tersebut melesak 70 hasta, sekitar 3.000 meter, ke dalam bumi. Ia disiksa dalam kubur hingga hari kiamat. Di hari kiamat, di wajahnya akan tertulis kalimat berikut: Wahai orang yang mengabaikan hak-hak Allah, wahai orang yang dikhususkan untuk menerima siksa Allah, di dunia kau telah mengabaikan hak-hak Allah, maka hari ini berputus asalah kamu dari rahmat-Nya.

Adapun tiga siksaan yang dilakukan ketika bertemu dengan Allah SWT adalah, pertama, ketika langit terbelah, malaikat menemuinya, membawa rantai sepanjang 70 hasta untuk mengikat lehernya. Kemudian memasukkan rantai itu ke dalam mulut dan mengeluarkannya dari duburnya. Kadang kala ia mengeluarkannya dari bagian depan atau belakang tubuhnya. Malaikat itu berkata, ”Inilah balasan bagi orang yang mengabaikan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan Allah.” Ibnu Abas berkata, ”Andai kata satu mata rantai itu jatuh ke dunia, niscaya cukup untuk membakarnya.”
Kedua, Allah tidak memandangnya. Ketiga, Allah tidak menyucikannya, dan ia memperoleh siksa yang amat pedih. Demikianlah ancaman bagi orang-orang yang sengaja melalaikan sholat. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada orang yang bersegera menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang oleh-Nya. Amin..
Rasulullah SAW bersabda, “Sembahlah Allah seakan engkau melihat-Nya. Apabila engkau tidak dapat melihat-Nya, sesungguhnya Dia melihatmu.”
(HR Bukhari dan Muslim)
wallahua'lam bishawab

Posting from Stop Fesbuk Saat Adzan's Notes, by: Echi Sofwan
Thursday, April 30, 2009 at 1:27am
Read more...

Thursday, May 14, 2009

Batuk dan Pilek, Penyakit atau Gejala?

Batuk disertai pilek sudah menjadi tamu rutin bagi anak-anak saat cuaca sedang tak menentu. Pada umumnya, batuk dan pilek bukanlah suatu hal yang membahayakan, namun seringkali membuat orangtua menjadi panik...
Guna
meningkatkan pemahaman orangtua terhadap batuk dan pilek pada anak, Yayasan Orang Tua Peduli (YOP) didukung oleh WHO (World Health Organization) Indonesia dan Jurnal Bogor mengadakan PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua) yang turut membahas batuk dan pilek. Lantas bagaimana bahasannya? Berikut petikan wawancara Nasia Freemeta Iskandar dari Jurnal Bogor dengan narasumber YOP, dr. Farian Sakinah.
1. Banyak orangtua yang beranggapan bahwa batuk-pilek merupakan penyakit, namun ada juga yang bilang kalau itu sebuah gejala. Jadi, mana yang benar?
Batuk dan pilek sebetulnya bukanlah penyakit, melainkan gejala sekaligus mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan saluran napas. Jadi orangtua tak perlu panik saat melihat anaknya batuk-pilek karena itu menandakan saluran napasnya sedang dibersihkan dari benda asing, termasuk kuman penyakit.
2. Lalu, darimana orangtua bisa membedakan batuk berbahaya dan tidak? Berbahaya atau tidaknya bisa diperhatikan dari perjalanan batuk serta
kondisi-kondisi lain yang menyertainya. Hal ini jugalah yang
menentukan apakah anak membutuhkan penanganan serius atau cukup
perawatan di rumah saja. Walaupun kadang suara batuk terdengar
mengkhawatirkan, tetapi umumnya batuk bukan merupakan suatu tanda yang
berbahaya.
3. Namun orangtua mana yang tak khawatir bila melihat keadaan anaknya lemas dan lesu?
Anak tampak lebih lesu ketika sedang sakit adalah hal yang wajar. Bila anak masih terlihat beraktifitas itu menunjukkan bahwa kondisi anak baik dan tidak membutuhkan penanganan yang serius. Kondisi yang perlu dikhawatirkan adalah bila anak lemas sampai tidak bisa bangun sama sekali, tidur yang sulit sekali dibangunkan, mengerang, dan tidak bisa mengisap ASI (pada bayi kecil), atau tidak berespon dengan rangsangan yang diberikan.
4. Lantas apa yang paling sering menyebabkan batuk-pilek pada anak?
Penyakit tersering yang menyebabkan batuk pilek disertai demam umumnya common cold (selesma) atau influenza. Batuk dengan atau tanpa pilek umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Oleh karena itu, tidak membutuhkan antibiotik. Batuk karena infeksi virus bisa berlangsung hingga dua minggu. Batuk yang membutuhkan antibiotik hanya batuk yang disebabkan oleh bakteri yaitu pertusis, atau batuk yang menyertai pneumonia bakteri (setelah ada pemeriksaan kuman penyebab).
5. Apakah obat-obatan batuk dan pilek dapat membantu proses penyembuhan?
Obat tersebut mungkin dapat menghentikan batuk, tetapi tidak menyembuhkan. Justru menghalangi proses pengeluaran benda asing, termasuk kuman penyebab batuk. Efek samping antitusif (penekan batuk) dapat menekan pernapasan, sehingga anak menjadi sulit bernapas. Mukolitik (pengencer dahak) tidak terbukti efektif pada anak, justru efek sampingnya berupa gangguan pada saluran cerna. Dekongestan mampu mengurangi produksi sekret hidung (ingus) tapi memiliki efek samping yang cukup hebat pada kerja jantung dan pembuluh darah. Antihistamin seperti CTM, klorfenirmain, atau difenhidramin dapat membuat anak
mengantuk, sehingga sulit diobservasi. Selain itu, mengentalkan sekret (dahak, atau ingus) akan mempersulit anak mengeluarkannya. Memang batuk bisa membuat anak tidak tidur, tetapi tidak perlu sampai memberikan obat batuk dan pilek.
6. Apa yang perlu dilakukan orangtua bila anaknya terkena gejala batuk-pilek?
Bila anak tidak dalam kondisi yang serius dan butuh penanganan lebih lanjut, orangtua dapat memberikan perawatan di rumah saat anak batuk-pilek berupa:
1. Pemberian cairan yang membantu meredakan batuk misalkan air hangat dicampur dengan madu (ingat tidak untuk anak di bawah 1 tahun),juga boleh dengan minuman hangat atau dingin lainnya yang disukai oleh anak.
2. Lembabkan udara bisa dengan mengatur kelembaban pada AC dirumah atau dengan menggunakan air mendidih yang ditampung dalam ember dan diletakkan di dekat tempat tidur anak.
3. Jangan buat ruangan menjadi panas, karena dapat mengeringkan udara dan meningkatkan batuk.
4. Untuk membantu serangan batuk, pangku anak, bungkukan sedikit,dan tepuk tepuk atau usap usap punggung untuk melancarkan aliran dahak.


dari Harian Jurnal Bogor, dalam rangka PESAT 2 Bogor.
Read more...

Friday, May 8, 2009

"FLU BABI" (SWINE FLU): Tingkat Penyebaran dan Tindakan Preventif Pencegahannya

APAKAH FLU BABI ITU?
Flu babi adalah penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus yang sangat menular, ada tiga jenis virus (A, B, C) yang dapat mengubah (change), dan ada beberapa subtipe. Dan yg terpenting diketahui adalah...
karena ia mampu menyerang semua usia, dan lokasi dalam mutasi-mutasi virus yg sering menyebabkan komplikasi serius dan bahkan kematian pada banyak orang, sering terjadi pada anak-anak dan orang tua.
APAKAH FLU ITU SAMA DG FLU BIASA YG DISEBABKAN UDARA DINGIN?
Tidak, walaupun keduanya adalah pernafasan akut dan gejala penyakit yang umum, maka mahluk yg kecil yang menyebabkan flu babi berbeda dengan flu biasa (common cold-influenza).
BAGAIMANA CARA KERJA FLU BABI MENULARKAN?
Dari orang ke orang melalui secretions (proses pengeluaran) dari mulut dan hidung (batuk, bersin, berbicara, bernyanyi) atau kontak langsung (tangan, walau tidak terkena lendir/ludah pasien. Sangat contagious/menular (3-7 hari setelah gejala awal) dan risiko yang lebih tinggi jika terjadi di ruang tertutup (kamar, nurseries/ruang perawatan, sekolah, perawatan di rumah, ruang darurat, dll). Dapat menjadi epidemi/pandemi ke seluruh dunia dalam waktu 3 sampai 6 bulan.
BAGAIMANA MENGENALI GEJALA ORANG TERKENA FLU BABI?
* Demam lebih dari 38 ° C.
* Sering batuk dan intens.
* Sakit kepala.
* Kurang nafsu makan.
* Hidung tersumbat/sengau
* Lain-lain rasa tidak enak.
BAGAIMANA MENDIAGNOSA "FLU BABI"?
Kita perlu belajar bagaimana seorang dokter melakukan pemeriksaan klinis secara rinci mengenai latar belakang dan pemeriksaan terhadap pasien-pasien lain, kontak pasien dg orang lain dan perjalanan pasien (kemana saja?).
Diagnosis terhadap virus dengan mengidentifikasi secretions/pengelua ran dari hidung atau pangkal tenggorokan (virus isolasi) selama 24-72 jam pertama inisiasi penyakit, atau melalui pengecekan darah untuk mengidentifikasi zat antibodi-nya.
APAKAH "FLU BABI" BISA BERKOMPLIKASI (DENGAN PENYAKIT LAIN)?
Ya, gambaran tentang flu babi nampak tidak terkenali (sebelumnya) dan tidak terkait dengan penyakit lainnya namun dapat menghasilkan komplikasi, terutama pernafasan (otitis, sinusitis, rhinitis, radang paru-paru, Bronchopneumonia, merintangi radang tenggorokan) , jantung atau bahkan kematian, sering terpantau menjadi penularan yg meluas atau epidemik.
Sangatlah penting untuk memantau anak-anak jika menerima pengobatan aspirin (mungkin encephalitis) .
ADAKAH PELUANG MENGOBATI PENYAKIT FLU BABI?
Flu babi disebabkan oleh virus, dan belum ada obat yg manjur utk menuntaskannya, tetapi ada obat yang berfungsi utk mengurangi/memperla mbat laju kegawatan penyakit, memperpendek dan mengurangi gejala-gejala jika masih terpantau dalam waktu 48 jam pertama rasa sakit. Penggunaan obat-obatan adalah sangat sensitif, hanya dokter dapat menentukan apakah pasien harus dirawat sebab mereka juga tidak bebas menjalani kontak dg manusia lain (yg tidak terinfeksi virus).
BAGAIMANA SAYA DAPAT MENCEGAH FLU BABI?
Ada vaksin sebagai cara terbaik untuk mencegah flu jenis ini, maka setiap tahunnya telah disiapkan dengan mempertimbangkan jenis virus yang beredar di dunia, tetapi tidak (terlalu) baik bagi orang-orang yang alergi terhadap protein telur, sebuah pengalaman serius mengenai
reaksi terhadap vaksin pernah dialami pada peristiwa "Guillain-Barre syndrome" (enam bulan setelah vaksinasi).
PANDUAN KEPADA MASYARAKAT UMUM:
* Hindari kontak dengan orang-orang yang memiliki infeksi pernafasan flu babi.
* Jangan menyapa atau mencium tangannya.
* Jangan berbagi makanan, penggunaan cangkir, piring, atau peralatan makan lainnya.
* Berikan kebebasan sinar matahari memasuki ruang dalam rumah, kantor, dan ruang-ruang tertutup lainnya (utk membakar virus).
* Jaga ruang dapur, kamar mandi, handle pintu, railings/pagar tangga, mainan anak-anak, telepon atau artikel-artikel/ majalah yg digunakan tetap dalam keadaan BERSIH.
* Jika terjadi demam mendadak, batuk-batuk, sakit kepala, sakit pada otot dan sendi, segera periksakan diri ke dokter atau unit kesehatan yg ada.
* Hangatkan badan dan hindari perubahan suhu mendadak (yg menyebabkan ketidak seimbangan tubuh sehingga menjadi flu).
* Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A dan C (wortel, pepaya, jambu biji,jeruk, jeruk kepruk, jeruk, lemon dan nanas).
* Seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air.
* Hindari berkecimpung dalam lingkungan terkontaminasi virus tsb.
* Tidak merokok di tempat tertutup atau di dekat anak-anak, orang tua atau pasien.
* Ke dokter segera jika menemui/mengalami gejala-gejala.
APA LANGKAH-LANGKAH YANG DIREKOMENDASIKAN UNTUK MEREKA YANG MENDERITA FLU?
* Tinggal di rumah, menghindari pergi ke pusat-pusat kerja, sekolah atau tempat di mana terdapat konsentrasi orang (teater, bioskop, bar, bis, metro, klub malam, pesta, dll). Ini akan mencegah menjangkiti orang lain melalui Anda.
* Tutup mulutdan hidung dengan tisu/saputangan ketika berbicara, batuk, bersin. Ini akan mencegah orang-orang di sekitar anda menjadi sakit.
* Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung orang lain utk menghindari virus menyebar
* Flu dapat dicegah melalui penerapan vaksin yang disiapkan sesuai dengan jenis virus yang beredar di dunia), harus mendapatkan divaksinasi setiap tahun.
* Hindari debu, asap bergerak dan zat lainnya yang dapat mengganggu pernafasan dan membuat anak-anak lebih rentan terhadap penyakit.
* Gunakan cubrebocas, buang tisu hasil bersin ke kantong plastik dan bersinlah di ujung ruangan (jauh dari orang lain).
* Jika setelah 24 jam tanpa gejala, Anda dapat bekerja normal kembali.

Terakhir Diperbaharui:
Jumat 24 Apr 2009 pada 13:15 oleh Sweet Buenrostro (staf Departemen Kesehatan Mexico).
Diterjemahkan oleh Noprizal Erhan pada 28 April 2009 dari sebuah artikel berbahasa Spanyol di situs Departemen Kesehatan Mexico : Secretaría de Salud Edificio Sede.

Mau lihat video mengenai flu babi, klik link brk : http://www.youtube.com/watch?v=pTfGKHFYEVg

Read more...

Thursday, May 7, 2009

Alif ikut Hari Kartinian di Sekolah

"Ummi...hari ini abang pakai baju ini ya" kata alif kecilku dengan semangatnya suatu pagi dihari sabtu(2 mei 2009) sambil membawa baju daerah adat sunda yang sudah saya gantungi dihanger, warnanya orange bo ngenjreng, but it's ok lah. wah alifku sudah mulai dewasa nih...

dia tahu kalau hari sabtu itu mau ada acara disekolahan, so tumben bangunnya pagi tanpa dibangunkan, biasanya disayang2 dulu baru bangun, hihi...namanya juga anak2.
"Setiap tahun kita memperingati hari kartini. Saya ingat waktu kecil setiap memperingati hari kartini dari sekolah disuruh pakai baju daerah.o...iya hari ini anak ummi ikut carnaval di sekolah ya?" tanyaku pura2 lupa :-).Karnaval disekolah alif memperingati hari kartini digabung sekaligus dengan hari pendidikan nasional. Alifku manyun...tapi kemudian senyum kembali setelah kupakaikan baju adatnya. Lipat sana, lipat sini, jepit pakai peniti biar gak lepas, pas giliran pakai kain pinggangnya alifku nanya..."ummi kok pakai kain diikat kepinggang abang, kenapa tidak pakai ikat pinggang aja mi?".

"Supaya kainnya tidak longgar bang, biar kuat, nanti kalau longgar lepas deh, malukan" kataku sambil terus memakaikan kainnya. Alif manggut2 kayak ngerti gitu, kayak atuk2...hihi...(alifku anak yang hebat kata orang2(tidak bermaksud membanggakan but it's really :-)), kritis, kalau dia ada yang gak tahu n penasaran langsung nanya, kadang2 sampai capek jawab pertanyaannya, so far i'm happy). Tapi kalau tiba kolokannya, duh...pusiiiing deh.
"Nah sudah selesai...wah anak ummi ganteng juga ya" , alif kecilku malu2. lucu banget.
"Oke kita siap2 berangkat kesekolah, eit sebelumnya foto dulu bareng abi" kata suamiku, karena beliau tidak bisa menemanin acara carnaval disekolah, ada training dikantor. Ya satu..dua..tiga..smile..:-) jpret jpret jadi deh fotonya.
"Abi kata bu guru kemarin, nanti abang naik delman lho sama temen2 dan bu guru".
"Oya...wah senang ya anak abi jalan2 naik delman, tapi abang jangan berdiri n lompat2 ya didelman nanti bisa..."
"Jatuuuuh...iya kan bi" kata alif menyambung perkataan abinya.
"hehehe...that's right..."
"Let's go kita kesekolah, nanti terlambat lho..."kata abi sambil menghidupkan mobil.
"wet's go..."alif menirukan omongan abinya.
"Bukan wet's abang tapi let's" kataku
"apa mi, let's ya bukan wet's..., ooo...ok...let's go...come on"kata alif penuh semangat, lucu banget. tahu kata come on lagi, dari mana???
"hehe..."
itulah anak2 terkadang kita dibuat tersenyum dengan kelucuannya, terkadang kita dibuat terkeget2 dengan kepintarannya, terkadang kita dibuat terharu & terhenyuh dengan kasih sayangnya...:)). Sayang sekali kalau kita lewatkan setiap detik, menit, jam, bahkan hari, bulan, tahun masa pertumbuhannya...karna setiap masa itu ada saja satu hal yang terjadi yang kita tidak ketahui.
Read more...

Translation code

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Navigasi

My contact


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]


"Award My Family In Diary"

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service