Search This Blog

Saturday, July 25, 2009

Agar Ramadhan lebih bermakna

''Bulan Ramadhan(adalah) bulan yang didalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk(hudan) bagi manusia dan penjelasan(bayan) tentang petunjuk itu dan furqan(pembeda haq dan bathil)'' (QS. Al-Baqarah: 185)

Ramadhan sebentar lagi menghampiri kurang lebih sekitar 27 hari lagi, begitu agungnya bulan suci ini maka jangan sampai terlewatkan dan tersia-siakan begitu saja, jangan sampai hadir tanpa makna dan pergi tanpa kesan sehingga penyesalanlah pada akhirnya.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan agar Ramadhan esok lebih bermakna antara lain:

Suasana
Persiapan-persiapan yang harus dilakukan agar Ramadhan kali ini lebih berkesan antara lain fisik kita, suasana ruhani, kegiatan, management waktu optimal, hal ini diharapkan ibadah kita didalamnya bisa lebih fokus.

Peralatan dan Tempat Ibadah
Untuk lebih mendukung kekhusyu'an kita harus mempersiapkan segala peralatan yang kita gunakan dan tempat ibadah kita dengan sebaik-baiknya agar ibadah kita terasa lebih nyaman.

Kesiapan Pemahaman
Hal ini cukup penting menyangkut pemahaman kita terkait dengan ibadah bulan Ramadhan antara lain; adab dan etika, syarat rukun ibadah, doa-doa dan berbagai hafalan-hafalan serta pemahaman lain yang akan mendukung sukses ibadah bulan Ramadhan.

Program dan Acara
Setiap pribadi hendaknya menscedhule kan kegiatan pada bulan Ramadhan ini karena sudah pastinya kegiatanya akan lebih padat dan butuh jadwal agar tidak terbengkalai salah satu ibadah kita bisa jadi disusun per satu minggu atau atau sepuluh hari hal ini juga berpengaruh pada optimalnya waktu.

Target
Setiap individu juga harus mempunyai target ibadah agar ibadah itu tepat waktu antara lain khatam Al-Quran dalam bulan Ramadhan dll.

Beradaptasi
Ramadhan berbeda dengan bulan lainya baik dari nuansa maupun fadhilahnya dan biasanya perubahan jadwal kehidupan terjadi luar biasa hal ini perlu menyelaraskan diri dengan berbagai persiapan antara gerak rohani dan fisik.

Kesehatan
Yang dibutuhkan adalah kesiapan fisik yang prima dan penjagaan yang continue.

Memusyawarahkan
Dalam bulan Ramadhan ini juga kita harus bermusyawarah khususnya dengan keluarga (suami/istri/anggota keluarga yang lain) tentang kegiatan-kegiatan bahkan menu yang akan dikonsumsi pada saat buka/sahur, hal ini agar terjadi keselarasan dalam keluarga.

Saudaraku..
Mudah-mudahan dengan persiapan diatas kita lebih bisa mengoptimalkan kesempatan dan waktu dalam beribadah didalam bulan Ramadhan dan membawa perubahan yang lebih baik setelah bulan Ramadhan.

Kesempurnaan hanya milik Allah semata.

Related Post by Categories



1 komentar:

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× said...

Makasih infonya,sangat informatif banget semoga amal ibadah kita selama bulan suci ramadhan ini di terima Alloh SWT.amin

Translation code

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Navigasi

My contact


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]


"Award My Family In Diary"

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service