Search This Blog

Wednesday, July 22, 2009

ASI VS SUFOR

Menyampaikan informasi dari teman melalui email saya mengenai ASI dan SUFOR. Semoga bermanfaat bagi kita para orang tua yang mempunyai balita.
Menjelang pekan ASI Internasional yang jatuh pada minggu pertama bulan Agustus saya ingin berbagi dengan Anda tentang ASI. Mungkin sudah banyak sekali para ibu yang telah mengetahui banyak tentang ASI, tapi mari kita lihat di sekeliling kita, masih banyak sekali para ibu yang butuh support dan butuh informasi tentang ASI.

Mungkin artikel ini sudah bosan anda baca karena anda pikir kalau susu formula dan ASI itu sama? Atau mungkin anda merasa tidak mampu untuk menyusui anak anda? Atau mungkin juga anda malas menyusui anak anda? Jangan malu untuk jujur pada diri anda sendiri.

Hari ini saya ingin berbagi dengan anda tentang ASI dan Susu formula. Saya hanya ingin memaparkan keunggulan dari ASI dan Susu formula.
Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya ASI merupakan anugerah dari Tuhan untuk para ibu dan hanya seorang ibu lah yang dapat memproduksi ASI. Asal Anda tahu, setiap air susu mamalia(makhluk/ binatang yang menyusui anaknya), spesifik untuk masing-masing spesiesnya. Dan ASI merupakan Air susu yang sangat cocok untuk manusia.
Pernahkan kita tahu kandungan yang terdapat dalam susu formula dan ASI? Mari kita lihat bandingannya

Kandungan ASI dan Susu formula
ASI
Susu Formula
  • Mengandung Lemak tak Jenuh sehingga dapat di urai di dalam tubuh manusia. Sehingga,bayi yang mengkonsumsi ASI tidak akan mengalami Obesitas.
  • Mengandung Lemak Jenuh yang sulit di urai di dalam tubuh manusia sehingga banyak sekali kasus bayi yang mengalami Obesitas karena mengkonsumsi Susu formula.
  • Mengandung zat gizi berkualitas tinggi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan bayi. Antara Lain : DHA,whey,protein, kolostrum, imunoglobin, dll.
  • Mengandung zat – zat yang kurang memenuhi komposisi untuk bayi seperti imunoglobin yang rendah, kandungan casein yang lebih tinggi dari whey sehingga sulit di serap dalam tubuh.. Dan mengandung zat yang tidak dibutuhkan dalam tubuh
  • Dapat melancarkan pencernaan karena mengandung banyak sekali enzim yang bagus untuk modal pembentukan awal pencernaan yang baik. Enzim yang terkandung antara lain : lipase,amylase dan protase
  • Tidak mengandung enzim yang dapat melancarkan proses pembakaran zat, sehingga sulit untuk di cerna.
  • Mengandung Kolostrum yang merupakan Protein tinggi yang bagus untuk modal awal system daya tahan tubuh yang baik.
  • Tidak memiliki Kolostrum, kolostrum yang ada dalam susu formula merupakan kolostrum buatan
  • Mengandung zat pelindung dan sel darah putih hidup yang membantu system imun/kekebalan tubuh bayi
  • Tidak memiliki sel darah putih hidup, hanya memiliki sel darah putih yang telah mati.
Sekarang anda tahukan komposisi yang dimiliki oleh Susu formula dan ASI? Selain kandungannya yang sangat banyak dan bermanfaat untuk bayi kita yang baru memulai kehidupannya sehingga belum memiliki system kekebalan yang maksimal, ASI juga memiliki manfaat untuk ibu yang menyusui. Jadi tidak hanya bayi yang mendapatkan manfaatnya, tapi juga ibu yang menyusui pun mendapatkan manfaatnya.

Manfaat yang dapat di rasakan oleh ibu yang menyusui adalah :
  1. Dengan menyusui anda dapat terhindar dari Kanker Payudara
  2. Menyusui dapat membantu pengecilan rahim setelah anda melahirkan
  3. Mempererat ikatan anda dengan bayi anda
  4. Dapat mencegah Kanker Rahim
  5. Tidak perlu berdiet selama menyusui, karena dengan menyusui dapat menurunkan berat badan anda.
  6. Menyusui dapat menurunkan kadar gula yang ada pada ibu penderita Diabetes
  7. Dapat mencegah terjadinya pendarahan pada ibu
  8. Menyusui bayi anda dapat mencegah Osteporosis
  9. Dengan menyusui anda tidak perlu repot membuat susu jika anak anda terbangun pada malam hari
  10. Dengan menyusui anda menghemat pengeluaran anda.
Itulah manfaat yang dapat anda peroleh jika anda menyusui bayi anda. Anda tidak perlu khawatir jika anda merasa tidak percaya diri karena ASI yang di keluarkan sedikit. Jangan jadikan hal itu sebagai alasan. Karena pada dasarnya semua ibu dapat menyusui dan bentuk payudara seorang ibu tidak mempengaruhi banyak atau sedikitnya produksi ASI. Semakin sering anda menyusui bayi anda, semakin banyaj produksi ASI anda.
Memang di awal masa menyusui produksi ASI belum banyak, tapi anda jangan bersedih atau stress. Karena stress dapat mengurangi produksi ASI. Dan jika anda bersedih permasalahan yang anda hadapi tidak akan terselesaikan.
Jika anda ingin produksi ASI anda banyak anda harus terus menyusui bayi anda selama 15 menit (payudara kanan dan payudara kiri), jarak waktu bayi menyusui adalah 3 jam jadi jika bayi anda sudah tidur selama 3 jam, bangunkan dia untuk menyusui. Selain itu konsumsilah makanan yang sehat terutama sayur dan perbanyaklah minum air putih karena itu akan membantu memperbanyak produksi ASI.
Jika puting anda lecet, jangan panik ! Karena ini adalah masalah umum yang di alami oleh banyak para ibu. Jika anda memiliki budget yang lebih, datanglah ke klinik laktasi karena di sana staff laktasi akan membantu anda bagaimana cara menyusui yang baik dan benar. Karena posisi menyusui yang salah dapat membuat puting lecet dan rasa tidak nyaman. Dan jika anda tidak memiliki budget yang memadai, konsultasilah pada bidan atau banyaklah membaca karena dengan membaca pun anda dapat memiliki informasi bagaimana cara menyusui yang benar.
Jika anda memang berniat menyusui bayi anda, anda tidak perlu merasa Stress jika mengalami problema. Berkumpullah dengan para ibu yang menyusui. Jangan berkecil hati dan berbahagialah anda yang memiliki tekad untuk menyusui anak anda.

Related Post by Categories



0 komentar:

Translation code

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Navigasi

My contact


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]


"Award My Family In Diary"

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service