Search This Blog

Monday, June 29, 2009

Tips-tips dan Sikap Agar Hidup Bahagia

Bahagia...satu kata ini sangat dasyat artinya, menyebut kata "bahagia" ini aja hati sudah merasa bahagia, siapa sih yang tidak mau hidup bahagia, tenang, dan damai...?pasti setiap orang mau dong :). Tapi hidup bahagia yang bagaimana yang diinginkan. Kata orang dengan harta hidup bisa bahagia? ofcourse that's right but harta tidak menjamin hidup seseorang bisa bahagia, lihat aja fenomena yang banyak terjadi akhir-akhir ini salah satunya seperti kisah manohara. Berlimpah harta bak putri dalam dongeng, tapi hati merasa terpenjara. Ada beberapa sikap mungkin yang dapat kita coba agar hati tidak kalut dan tetap bahagia selain berdo'a dan melaksanakan perintah Allah, antara lain :

* Berpikirlah Positif
Rasa frustasi datang dari pikiran negatif sementara saat kita berpikir
negatif secara terus-menerus artinya kita memberi makan rasa frustasi.
Negatifitas tidak pernah menjadi cara optimal dalam menangani situasi
apapun. Kenyataannya negatifitas membenamkan kita dalam
ketidakbahagiaan. Setiap keadaan batin yang negatif akan menular.

Kembalilah berpikir positif. Bertemanlah dengan orang-orang yang
berpikiran positif dan terlibatlah dengan kegiatan-kegiatan positif.

* Jauhi urusan orang lain.
Biarkan masalah orang lain menjadi urusan mereka sendiri. Mereka
memiliki cara sendiri untuk menangani setiap masalahnya.

* Hiduplah pada saat ini, bukan masa lalu.
Nikmatilah masa lalu sebagai kenangan. jangan tergantung padanya.
Konsentrasilah hidupmu pada kejadian saat ini, karena apa yang kita
miliki adalah saat ini, bukan kemarin, bukan besok. "Be totally
present".

* Jadilah pendengar yang baik.
Saat menjadi pendengar. kita belajar dan mendapatkan ide-ide baru
berbeda dari orang lain.

* rasa Kuatir & Ketakutan
Ketakutan dan kekuatiran hanyalah imajinasi pikiran akan suatu
kejadian di masa depan yang belum tentu terjadi, kebanyakan hal-hal
yang dikuatirkan dan takutkan tak pernah terjadi ! It's all only in
your mind.

* Dendam
Dendam dan Amarah yang disimpan hanya akan menyedot energi diri kita
dan hanya mendatangkan KELELAHAN JIWA, BUANGLAH. Bagaimana cara
membuangnya? Dengan membuangnya begitu saja, sama halnya seperti kita membuang bara panas dalam genggaman tangan.

* Berhentilah mengeluh
Mengeluh berarti selalu tidak menerima apa yang ada saat ini, secara
tidak sadar membawa-bawa beban negatif. Ketika mengeluh, kita
menjadikan diri kita sebagai korban. Apakah kita Bahagia dengan
memposisikan diri kita sebagai korban?

* Bila ada masalah, selesaikan satu per satu
Hanya inilah cara menangani setiap persoalan satu demi satu.

* Tidurlah dengan nyenyak
Semua masalah tak perlu dibawa tidur. Hal tersebut buruk dan tak
sehat, biasakanlah tidur dengan nyaman.

* Bersyukurlah.
Bersyukurlah atas hal-hal kecil yang akan membawa kita pada hal-hal
besar. Sekecil apapun karunia yg Anda terima (traktiran makan gratis
dari teman, senyum manis seseorang yang tidak dikenal, keluarga yg
mengasihi kita, bahkan cuaca cerah yang bersahabat dan masih banyak
lagi) akan menghasilkan hal-hal besar dan selalu membawa kita kepada
Kebahagiaan saat kita bersyukur.

Bersyukurlah setiap waktu, pagi, siang, sore malam, bahkan sepanjang hari bisa dengan membaca tahmid, tasbih, takbir dan alma'surat.

UBAHLAH SITUASI

Bila dengan 10 sikap hidup ini masih merasa bahwa situasi
kehidupan kita pada saat ini sudah tidak dapat ditoleransi lagi dan
membuat hati tidak berbahagia, mungkin bisa melakukan 3 opsi ini:

1. Menyingkirlah dari situasi itu
2. Ubahlah situasi itu atau
3. Terimalah situasi itu sepenuhnya

Jika kita ingin bertanggung jawab untuk hidup kita, kita harus
mengambil 1 dari 3 opsi itu dan terimalah konsekuensinya.

Bertanggung jawablah dengan (masa depan) hidup kita. Mengambil
tindakan adalah lebih baik daripada tidak berbuat apa-apa, khususnya
jika kita terjebak dalam situasi tidak berbahagia sejak lama.

let's start now make our lives happier...:)

Related Post by Categories



11 komentar:

Ramdhan said...

Iya ya Bu... sebenarnya ada hal-hal yang tidak perlu dipikirkan tapi entah kenapa diri ini merasa sulit untuk tidak memikirkannya...

mungkinkah itu termasuk dalam hidayah taufik?

Linda Novriani said...

@ramdhan:kalau yang difikirkan itu membawa pada kebaikan dan kemaslahatan diri ramdhan sendiri, keluarga maupun orang lain tidak apa-apa kan lebih bagus:). artikel ini memberitahukan masalah yg difikirkan tidak membawa berkah/kebaikan makanya jgn difikirkan,misalnya kita digosipin oranglain/ada yg tidak menyukai kita,cuekin aja,serahkan semua urusan pada Allah,yang penting kita ttp berbuat baik pada orang tsb,dan tetap disyg Allah:).ada jg artikel "10 hal mendatangkan cinta Allah" mungkin bisa dibaca smg banyak manfaatnya.

ateh75 said...

Betul banget mba...Kebahagiaan hati itu mahal.harganya butuh latihan untuk memulainya apalagi disaat kita mendapat musibah ,ujian dan cobaan dari ALLAH ...Syukron atas pencerahannya ya mba.nice post.i

Wieche Irianto said...

wah info bagus nih, buat diterapkan pada masing2 individu

Wieche Irianto said...

wah betul banget mba, ini bagus diterapkan pada diri kita masing2......

yak said...

heeeemmmmmmmm.......
lagi butuh banget "kebahagiaan" nih bu.....
tips laennya nih : berkumpul ma temen2 n keluarga, ntar bisa ketawa2 ndiri n bahagia, walau kadang cuma sebentar, seenggaknya kita "bahagia"....
:D

narti said...

makasih sharingnya mbak, buat koreksi diri pribadi nih.

Karumbu said...

Artikel yang menyejukkan. Maaf baru bisa berkunjung. Belakangan ini sedang banyak pekerjaan. Salam dari Mataram.
(sepertinya blog ini berat banget loadingnya)

Pawewet said...

wah..bahagia..mau donk..siapa yang nggak mau,

tks artikelnya mbak..semoga aku dapat mempraktekkannya

Linda Novriani said...

@mbak ateh75, : sama2 mbak smg bermanfaat buat kita semua ya:).
@wieche irianto : trimaksh mas , setuju smg kita always happy dunia akhirat :D
@yak : benar juga ya, syukron ya tips lainnya :)
@narti : sami2 mbak narti, smg always happy ya :)
@karumbu : berat ya loadingnya?...apa keberatan picsize nya ya...but trmksh ya mas masukkannya mjd pe-er nih buat myblog:).
@pawewet : siip mas wiwid met berbahagia :)

Suara Petualang said...

wah...Benar2 bermanfaat tips ini..

thanks banget ya mbak infonya..
salam buat familynya...

Translation code

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Navigasi

My contact


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]


"Award My Family In Diary"

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service