Search This Blog

Monday, June 29, 2009

Faktor terbentuknya Batu Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ yang berfungsi dalam menjaga keseimbangan tubuh di atas.
Ginjal sendiri berfungsi utama dalam proses menjaga kadar pH dan keseimbangan cairan tubuh, dengan cara menjaga keasaman (pH) cairan tubuh dan membuang sisa metabolisme sel-sel tubuh dalam bentuk urea keluar tubuh (maka yang dikeluarkan disebut urin). Darah dari seluruh tubuh yang masuk ke ginjal akan di filtrasi sedemikian rupa (subhanallah) , kemudian keluar dari ginjal darah ini sudah bersih bebas urea dan mengandung kadar mineral yang tepat (pada proses normal dan sehat) untuk kemudian diedarkan lagi ke seluruh sel-sel tubuh. Sedangkan hasil filtrasi ginjal adalah materi yang harus dikeluarkan dari tubuh, dikeluarkan dalam bentuk urin (mengandung urea/ammonia, mineral2 lain...dan sebagainya).

Menurut ummu Mu'adz saudari seiman saya di assunnah yahoogroups melalui artikel kuliahnya, beliau mengatakan :
Batu ginjal banyak dialami oleh penduduk Indonesia, terutama kaum pria. Diantara faktor faktor yang mempengaruhi terbentuknya batu ginjal yaitu :

1. Ras
Batu ginjal lebih banyak diderita penduduk dari ras Afrika dan As ia (termasuk Indonesia) dibandingkan penduduk Amerika dan Eropa.

2. Keturunan
Peluang terkena batu ginjal/kandung kemih lebih besar seandainya terdapat riwayat penderita batu ginjal/kandung kemih dalam keluarga. Kemungkinan ada sel sel tertntu yang tidak fungsional pada seseorang yang punya gen batu ginjal.

3. Jenis kelamin
Dari sisi jenis kelamin, pria lebih berisiko terkena batu ginjal/kandung kemih dibandingkan wanita. Diperkirakan 80% dari pria berusia 70 tahun mengalami gejala tersebut.

4. Bakteri
Bakteri dapat menimbulkan pembentukan batu ginjal. Saluran urine yang terinfeksi bakteri pemecah urea pada urin menstimulasi pembentukan batu pada kandung kemih.

5. Kurang minum air
Jika kurang minum, maka kepekatan urin meningkat (konsentrasi semua substansi dalam urin meningkat), sehingga mempermudah pembentukan batu. Lantas air minum jenuh mineral, terutama kalsium, berpengaruh besar terhadap pembentukan batu.

6. Air yang diminum jenuh dengan mineral
Lantas air minum jenuh mineral, terutama kalsium, berpengaruh besar terhadap pembentukan batu.

7. Pekerjaan
Pekerjaan dari pekerja keras yang banyak bergerak, seperti buruh dan petani lebih besar berisiko mengidap batu ginjal/kandung kemih dibandingkan pekerjaan yang lebih banyak duduk.

8. Makanan
Konsumsi makanan, seperti pada masyarakat ekonomi rendah (kurang makan putih telur) sering menderita batu saluran kemih. Makanan dengan kadar oksalat, natrium, dan kalsium yang tinggi dan protein hewan dengan purin tinggi memicu terbentuknya batu ginjal/kandung kemih.

9. Suhu tempat kerja
Suhu, yaitu tempat dengan suhu panas semisal daerah tropis (Indonesia) dan di kamar mesin, di mana banyak mengeluarkan keringat akan mempermudah pembentukan batu ginjal/kandung kemih.

Adapun gejala batu ginjal, (hanya sekadar untuk pengetahuan saja)

Gejala yang umumnya tampak pada penderita batu ginjal yaitu:
1. Rasa sakit yang luar biasa pada pinggang bawah baik satu sisi maupun keduanya.
2. Nyeri dirasakan sampai ke pangkal paha.
3. Terdapat darah pada air kencing.
4. Rasa meriang atau demam seperti gejala flu.
5. Mual dan muntah.
6. Warna air kencing keruh.
7. Bau air kencing yang lebih menyengat.
8. Rasa panas atau terbakar saat kencing.

Komposisi Batu ginjal:
Komposisi yang terbanyak adalah batu kalsium (80%) dengan terbesar bentuk kalsium okalat dan terkecil kalsium fosfat

Upaya Penanggulangan Penderita Batu Ginjal

Pengobatan batu ginjal/kandung kemih umumnya dengan pembedahan/operasi, minum obat atau pengobatan tradisional. Pembedahan dilakukan jika ukuran batu besar dan tidak dapat dikeluarkan bersama urine. Pembedahan dapat menghilangkan batu ginjal secara tuntas, namun ada kemungkinan kerusakan pada jaringan. Dengan perkembangan teknologi, dapat dilakukan pembedahan endoskopi atau penghancuran batu dengan gelombang kejut. Timbulnya batu kembali sangat mungkin terjadi.

Upaya lain dengan minum obat yang tergantung dari jenis batu ginjal/kandung kemih yang diderita. Contohnya Hidroklorotiazid untuk mengobati batu kalsium. Sementara cara tradisional sebagai cara yang paling banyak ditempuh penderita. Dari berbagai ramuan/macam- macam tanaman, yang paling banyak dan terbukti manjur digunakan antara lain dengan minum air rebusan daun kumis kucing, daun tempuyung dan herba meniran (seluruh bagian tanaman kecuali akar). Banyak penelitian mengenai masing-masing tanaman tersebut, baik uji diuretik (meningkatkan urin) maupun anti batu ginjal/kandung kemih. Dan penelitian terbaru menyatakan, kombinasi dari ketiga tanaman tersebut dapat mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal/kandung kemih. Disimpulkan pula dalam penelitian tersebut, efek mencegah pembentukan batu ternyata lebih besar

Barangkali perlu di cek kandungan mineral air yang diminum, mungkin tinggi akan kalsium, atau mineral lainnya. Perbanyaklah minum air putih.

Related Post by Categories



2 komentar:

Wieche Irianto said...

wah penting banget nih....

hafizah said...

infonya bagus bgt boleh di share ya...

Translation code

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Navigasi

My contact


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]


"Award My Family In Diary"

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service