Search This Blog

Monday, June 29, 2009

10 Hal yang Mendatangkan Cinta Allah

Alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala alihi wa shohbihi wa man tabi’ahum bi ihsaanin ilaa yaumid diin.

Artikel saya yang sebelumnya mengenai 10 hal sikap hidup bahagia memberikan step-step atau langkah-langkah dalam menghadapi persoalan-persoalan hidup didunia. Apakah itu masalah pribadi atau masalah khalayak umum. Kalau dijabarkan tentu banyak point-point permasalahannya :). Kita ambil saja contohnya masalah yang kecil tapi bisa jadi besar seperti digosipin/diejek oranglain(tetangga, teman sekantor atau teman sekolah,dll). Hal seperti itu jgn terlalu dipusingin/ditanggapi asalkan tidak merugikan nama baik kita,cuekin aja.serahkan semua urusan pada Allah,yang penting kita ttp berbuat baik pada orang tsb,dan tetap disayang dan dicintai Allah. Nah postingan kali ini bagaimana sikap kita agar dicintai oleh Allah...(Sumber: Madaarijus Saalikin, 3/ 16-17, Ibnu Qayyim Al Jauziyah, terbitan Darul Hadits Al Qohiroh)

Sungguh setiap orang pasti ingin mendapatkan kecintaan Allah. Lalu bagaimanakah cara-cara untuk mendapatkan kecintaan tersebut. Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan beberapa hal untuk mendapatkan maksud tadi dalam kitab beliau Madarijus Salikin.

Pertama,
membaca Al Qur’an dengan merenungi dan memahami maknanya. Hal ini bisa dilakukan sebagaimana seseorang memahami sebuah buku yaitu dia menghafal dan harus mendapat penjelasan terhadap isi buku tersebut. Ini semua dilakukan untuk memahami apa yang dimaksudkan oleh si penulis buku. [Maka begitu pula yang dapat dilakukan terhadap Al Qur’an, pen]

Kedua,
mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan ibadah yang sunnah, setelah mengerjakan ibadah yang wajib. Dengan inilah seseorang akan mencapai tingkat yang lebih mulia yaitu menjadi orang yang mendapatkan kecintaan Allah dan bukan hanya sekedar menjadi seorang pecinta.

Ketiga,
terus-menerus mengingat Allah dalam setiap keadaan, baik dengan hati dan lisan atau dengan amalan dan keadaan dirinya. Ingatlah, kecintaan pada Allah akan diperoleh sesuai dengan kadar dzikir kepada-Nya.

Keempat,
lebih mendahulukan kecintaan pada Allah daripada kecintaan pada dirinya sendiri ketika dia dikuasai hawa nafsunya. Begitu pula dia selalu ingin meningkatkan kecintaan kepada-Nya, walaupun harus menempuh berbagai kesulitan.

Kelima,
merenungi, memperhatikan dan mengenal kebesaran nama dan sifat Allah. Begitu pula hatinya selalu berusaha memikirkan nama dan sifat Allah tersebut berulang kali. Barangsiapa mengenal Allah dengan benar melalui nama, sifat dan perbuatan-Nya, maka dia pasti mencintai Allah. Oleh karena itu, mu’athilah, fir’auniyah, jahmiyah (yang kesemuanya keliru dalam memahami nama dan sifat Allah), jalan mereka dalam mengenal Allah telah terputus (karena mereka menolak nama dan sifat Allah tersebut).

Keenam,
memperhatikan kebaikan, nikmat dan karunia Allah yang telah Dia berikan kepada kita, baik nikmat lahir maupun batin. Inilah faktor yang mendorong untuk mencintai-Nya.

Ketujuh,
inilah yang begitu istimewa- yaitu menghadirkan hati secara keseluruhan tatkala melakukan ketaatan kepada Allah dengan merenungkan makna yang terkandung di dalamnya.

Kedelapan,
menyendiri dengan Allah di saat Allah turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang terakhir untuk beribadah dan bermunajat kepada-Nya serta membaca kalam-Nya (Al Qur’an). Kemudian mengakhirinya dengan istighfar dan taubat kepada-Nya.

Kesembilan,
duduk bersama orang-orang yang mencintai Allah dan bersama para shidiqin. Kemudian memetik perkataan mereka yang seperti buah yang begitu nikmat. Kemudian dia pun tidaklah mengeluarkan kata-kata kecuali apabila jelas maslahatnya dan diketahui bahwa dengan perkataan tersebut akan menambah kemanfaatan baginya dan juga bagi orang lain.

Kesepuluh,
menjauhi segala sebab yang dapat menghalangi antara dirinya dan Allah Ta’ala.

Semoga kita senantiasa mendapatkan kecintaan Allah, itulah yang seharusnya dicari setiap hamba dalam setiap detak jantung dan setiap nafasnya.
Ibnul Qayyim mengatakan bahwa kunci untuk mendapatkan itu semua adalah dengan mempersiapkan jiwa (hati) dan membuka mata hati.

Alhamdulillahilladz i bi ni’matihi tatimmush sholihaat. Wa shallalahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Related Post by Categories



10 komentar:

Ramdhan said...

Doakan agar saya dapat mengamalkannya serta mendapat cinta-Nya

Pawewet said...

Subhanallahu ..artikel yang penuh isi, cinta siapa lagi yang kita harap selain cinta Allah SWT cnta yang paling tertinggi,..semoga kita dapat menerapkan isi dari artikel ini,..tks Bu Linda,..

Linda Novriani said...

@ramdhan: amin semoga ya ramdhan, kita saling mendo'akan.
@pawewet: sama2 abi faqoya, smg kita semua senantiasa tetap berada dalam Pengawasan Allah dunia wal akhirat,amin.

Lis Indra said...

Aku ingin menggapai-Nya....
Aku ingin memiliki-Nya....
Aku ingin...

enditha^^ said...

Kunjungan pertama..
Subhanallah artikelnya bu linda bagus-bagus.
Semoga bisa diamalkan.
Salam ukhuwah :)

seribahasa said...

aku kagum sekali dengan artikelmu bu. penuh berisi dengan pengajaran yang patut dihayati dan diteladani oleh masyarakat zaman ini.
sifat sabar itu diwajibkan keatas kita oleh Allah. kerana sifat sabar itu adalah sebahagian dari sifat orang yang soleh.

Audrey Duta Zone said...

posting yang sangat menarik ummi... keep posting with smile$$$$ ummi....

Audrey Duta Zone said...

posting yang sangat menarik ummi alif... keep posting with smile$$$$

nugrahacyber said...

subhanallah..
Artikel"nya sungguh luar biasa ummi.

klo bleh tw, cara bikin chatbox di wordpress gmna y??

ditungu blasannya ya ummi..

pelangi anak said...

Ass....
Terima kasih atas artikel yang mengingatkan dan mencerahkan kembali hati sanubari kita semua....
Semoga kita dibesarkan hati untuk terus berusaha melaksanakannya hingga mendekati kesempurnaan....amien!
Selalamat kenal juga....
Wass.....

Translation code

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Navigasi

My contact


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]


"Award My Family In Diary"

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service